Kamis, 03 Desember 2009

Masyarakat Subjek Kebutuhan Pembangunan Gampong

Posted on 12/03/2009 09:20:00 PM by Kabarinvestigasi

Kabar Investigasi-Banda Aceh.Penanggulangan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat dengan menggunakan pola partisipatif, dimana masyarakat bukan hanya menjadi objektif.Melainkan, juga sebagai subjek dalam menentukan kebutuhan embangunan digampong maupun lingukngannya.

Demikian antara lain disampaikan, Kepala badan pemberdayaan Masyarakat (BPM) Aceh, H.M.Ali Basyah, Rabu (2/11) kemarin, pada pembukaan rapat koordinasi program dan kelembagaan PMD, tingkat Kabupaten/Kotaserta Rapat Kerja Peningkatan Kapasitas pemerintahan desa.

Kata dia, pelibatan peran serta masyarakat dalam setiap proses pengambilan keputusan dan pelaksanaan pembangunan, yang dimulai dari identifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pelestarian hasil-hasil pembangunan tersebut.

“Perlu dilakukannya, upaya lembaga-lembaga kemasyarakatan digampong, dapat difungsikan sebagai mitra kerja dalam merencanakan program pembangunan,”ujar dia.

Sebut dia, dianggap penting untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan serta kualitas bukan saja dibidang tekhnis adiministrasi, tetapi juga soal mental, dan kejujuran, kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat.

“Selain itu, juga harus dilakukan pengembangan peran lembaga kemasyarakatan secara keseluruhan dan ikut berpatisipasi dalam berbagai aspek,”sebut dia.

Lanjut Ali Basyah, sebagai pengelola kegiatan pembangunan gampong dan dapat menjalin hubungan kerjasama dengan pihak lain digampong tersebut.

“Intinya, dalam menyusun program kegiatan, peran BPM di Provinsi maupun Kabupaten/Kota, harus betul-betul memperhatikan kebutuhan masyarakat banyak,”sambung Ali Basyah.

Ia menegaskan, kepada seluruh BPM tingkat II, hendaknya dapat melaksanakan amanah itu dengan baik dan mampu menjembatani masyarakat secara luas hingga menyeluruh.

“Sehingga, benturan kepentingan diantara lembagalembaga masyarakat maupun antar gampong dapat diredam sedini mungkin melalui musyawarah,”tegasnya.(KI/Dedi)

No Response to "Masyarakat Subjek Kebutuhan Pembangunan Gampong"

Leave A Reply

INGIN MENDAPATKAN DOLAR?.........SAYA SUDAH BUKTIKAN!!!!!!!!!!!
Caranya?
Klik semua Iklan PTC Atau Banner di Bawah ini satu persatu, kemudian Daftar....( Gratis Bro ).....Setelah Daftar Log In.....
Setelah Log In........Klik View Ads......Kemudian Klik Link satu per satu....tunggu sebentar.......Setelah paling atas muncul tulisan ( CLICK "9" ) klik angka nomor 9 dan seterusnya.......Dolar sudah kita dapat Bro.....gampang kan?........

Untuk mencairkan Dolar yang sudah kita dapat, kita harus mempunyai rekening PAYPAL. Daftar Paypal disini