Rabu, 21 April 2010

Korea Komit Wujubkan Pembagunan Jalan Bebas Hambatan di Aceh

Posted on 4/21/2010 11:30:00 PM by Kabarinvestigasi

Kabarinvestigasi-Banda Aceh. Pemerintah Korea Selatan menyatakan komitmennya untuk mewujudkan pembangunan jalan bebas hambatan (highway) lintas Timur Aceh, yakni Banda Aceh-Sumatera Utara pada 2010-2015.

Wakil Gubernur Muhammad Nazar mengatakan, pemerintah Aceh mengupayakan agar proyek tol tersebut akan siap dibangun hingga 5 tahun kedepan.

"Pembangunan jalan dengan lebar 70 meter tersebut merupakan bentuk investasi dari pihak Korea yang akan dilaksanakan di daerah berpenduduk sekitar 4,6 juta jiwa itu dengan jangka waktu lima tahun," jelasnya

Proyek jalan yang menghubungkan 2 kota, yakni Banda Aceh hingga ke Medan, yang berjarak sekitar 600 km itu diperkirakan akan menelan biaya sebesar Rp 26 Triliun.

“Untuk tahun ini upaya awal yang dilakukan pemerintah Aceh adalah pembebasan tanah warga. Selanjutnya baru pembangun badan jalan tol tersebut”.Ungkapnya

Menurut Nzar, Pemerintah Korea berkomitmen membantu Aceh pada pembangunan Highway Lintas Timur Aceh tersebut, pemerintah diminta mempersiapkan tanah dan mengurus izin pembangunan.

Dikatakan, dengan dibangunnya jalan Tol tersebut, dapat mempermudah akses perekonomian antara Sumatera Utara dan Aceh, sekaligus menjembatani Aceh menjadi gerbang masuk bagi investor yang akan menanamkan modalnya disini.

Jika pembangunan tersebut dibebankan pada APBN, maka butuh waktu sampai 2027 untuk mewujudkannya. Sementara bila dilaksanakan dengan sistem investasi, pelaksanaanya akan terwujud dalam lima tahun.

"Pemerintah Aceh mendukung upaya yang lebih cepat itu. Kita akan bicarakan juga dengan Presiden, Menteri Pekerjaan Umum, Menteri Keuangan dan Bappenas, guna memperlancar pelaksanaanya," katanya.

Selain itu, Pemerintah Korsel juga menyatakan akan membantu keseluruhan pembangunan ruas jalan itu, jika pemerintah setempat dan pemerintah pusat tidak membantu.

Karena pelaksanaanya, masih menunggu komitmen pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam mewujudkan pembangunan ruas jalan yang diyakini akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kita akan upayakan secepatnya, untuk membentuk tim yang akan mengurus segala kebutuhan dan persiapan lainnya. Kita juga akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait pembangunan mega proyek itu," ungkanya.(KI/Dedi)

No Response to "Korea Komit Wujubkan Pembagunan Jalan Bebas Hambatan di Aceh"

Leave A Reply

INGIN MENDAPATKAN DOLAR?.........SAYA SUDAH BUKTIKAN!!!!!!!!!!!
Caranya?
Klik semua Iklan PTC Atau Banner di Bawah ini satu persatu, kemudian Daftar....( Gratis Bro ).....Setelah Daftar Log In.....
Setelah Log In........Klik View Ads......Kemudian Klik Link satu per satu....tunggu sebentar.......Setelah paling atas muncul tulisan ( CLICK "9" ) klik angka nomor 9 dan seterusnya.......Dolar sudah kita dapat Bro.....gampang kan?........

Untuk mencairkan Dolar yang sudah kita dapat, kita harus mempunyai rekening PAYPAL. Daftar Paypal disini