Jumat, 23 Oktober 2009

Kelaparan Hantui Warga Ethiopia

Posted on 10/23/2009 06:59:00 PM by Kabarinvestigasi


KabarInvestigasi – Ethiopia. Pemerintah Ethiopia nampaknya akan segera meminta bantuan pangan internasional untuk 6,2 juta rakyatnya. Kondisi kelaparan ini sebagai akibat kekeringan berkepanjangan dan musim hujan yang tak menentu.

Program Pangan Dunia (WFP) tengah menghadapi penurunan persediaan pangan dunia hingga AS$ 85 juta di Ethiopia hingga akhir tahun ini.
Lembaga kemanusiaan Oxfam menyerukan sebuah pendekatan baru untuk mengatasi bencana di negeri itu.

Dalam sebuah laporan yang menandai 25 tahun bencana kelaparan yang mengakibatkan sekitar 1 juta warga Ethiopia meninggal dunia, Oxfam mengatakan mengimpor makanan hanya akan menyelamatkan warga Ethiopia untuk sementara waktu namun tidak membantu masyarakat untuk mempersiapkan diri menghadapi bencana selanjutnya.

Laporan bertajuk Band Aids and Beyond itu menyerukan negara-negara donor internasional untuk mengadopsi sebuah pendekatan baru yang fokusnya adalah mempersiapkan masyarakat untuk menghindari dan mengatasi bencana.

"Kekeringan tak selalu harus berarti kelaparan dan kemiskinan," kata Direktur internasional Oxfam Penny Lawrence yang baru kembali dari Ethiopia.

"Jika masyarakat mengembangkan irigasi pertanian, lumbung pangan dan sumur-sumur penampungan air hujan maka mereka akan selamat meskipun bencana besar datang menghantam mereka."
Gagal panen

Ethiopia menderita krisis pangan yang menghantam sebagian besar kawasan Afrika Timur dan kawasan Tanduk Afrika.

Kekeringan yang diikuti gagal panen selama empat tahun, diperparah dengan konflik bersenjata, perubahan iklim dan pertambahan penduduk.
Wartawan BBC Mike Wooldridge melaporkan ladang-ladang jagung, yang kering terbakar matahari adalah bukti sebuah krisis yang terus berkembang.
Para petani di kawasan selatan Ethiopia yang paling menderita akibat kekeringan ini mengatakan kepada BBC mereka kini menghadapi kemungkinan kegagalan panen besar-besaran.
Beberapa petani ini sudah berencana menjual ternak mereka yang justru akan semakin memperburuk masa depan kehidupan mereka.

Diperkirakan lebih dari 10 juta orang terkena imbas kekeringan di Ethiopia dan 4,6 juta di antaranya terancam menderita kelaparan dan kekurangan gizi. Angka-angka ini bisa berubah dengan cepat.

Masalah ini masih ditambah dengan terus meningkatnya harga pangan dengan harga bahan pangan pokok meningkat dua kali lipat di semua tempat.

Bulan lalu Oxfam menyerukan bantuan sebesar AS$ 15 untuk seluruh kawasan Afrika Timur dimana diperkirakan 23 juta orang di tujuh negara terancam kelaparan. (KI/SP/BBC)


No Response to "Kelaparan Hantui Warga Ethiopia"

Leave A Reply

INGIN MENDAPATKAN DOLAR?.........SAYA SUDAH BUKTIKAN!!!!!!!!!!!
Caranya?
Klik semua Iklan PTC Atau Banner di Bawah ini satu persatu, kemudian Daftar....( Gratis Bro ).....Setelah Daftar Log In.....
Setelah Log In........Klik View Ads......Kemudian Klik Link satu per satu....tunggu sebentar.......Setelah paling atas muncul tulisan ( CLICK "9" ) klik angka nomor 9 dan seterusnya.......Dolar sudah kita dapat Bro.....gampang kan?........

Untuk mencairkan Dolar yang sudah kita dapat, kita harus mempunyai rekening PAYPAL. Daftar Paypal disini