Kamis, 07 Januari 2010

Cuaca Buruk, Nelayan Juwana Memilih Tidak Melaut

Posted on 1/07/2010 07:34:00 AM by Admin

KabarInvestigasi-(Pati, Juwana). Sejumlah nelayan di Desa Bendar Kecamatan Juwana Kabupaten Pati, banyak yang tidak melaut. Hal ini dikarenakan tinggi gelombang dilaut utara Jawa, mencapai tiga meter, serta buruknya cuaca belakangan ini.

Puluhan kapal pencari ikan kini lebih banyak bersandar di tepi Pantai Juwana. Sementara para nelayannya, lebih disibukkan untuk memperbaiki kapal mereka, menunggu cuaca kembali membaik. Karena saat ini mereka kesulitan untuk melaut, akibat terkendala cuaca buruk, dan tingginya gelombang laut.

Salah seorang pemilik kapal di Desa Bandar Juwana, Jamari Ridwan menjelaskan, selama sepekan terakhir ini, nelayan kesulitan menangkap ikan, karena faktor alam tersebut. Meski ada beberapa kapal yang nekat melaut, mereka harus berani menambah ongkos perbekalan hingga 30 %. Sebab nelayan akan lebih lama untuk segera kembali membawa hasil tangkapan.

“Karena apa ? gelombang ini sedang tidak menentu, kadang-kadang angin dari selatan dan gelombang besar dari arah barat, sehingga dilaut terjadi arus yang berakibat nelayan kesulitan menabur jaring dan nelayan kesulitan mendapatkan ikan. Biasanya mereka dapat pulang dalam waktu 30 sampai 40 hari, sekarang ini mereka harus berbulan-bulan, untuk dapat menutup biaya perbekalan.”, jelas Jamari Ridwan yang juga Ketua Paguyuban Mitra Nelayan Sejahtera Juwana.

Ketua Paguyuban Mitra Nelayan Sejahtera yang juga tokoh nelayan Juwana, Jamari Ridwan, juga menyesalkan tindakan aparat yang melarang nelayan bersandar di suatu pulau, ketika terjadi gelombang besar. Bahkan mereka ditangkap, dan dipaksa untuk membayar denda hingga nilainya mencapai jutaan rupiah.

“Oknum – oknum petugas ini kan sering mengada-ada dan sering mencari kesalahan para nelayan. Ini saya berharap kementerian kelautan dan perikanan memberikan perlindungan kepada nelayan, siapa sebenarnya yang berwenang melakukan operasi terhadap para nelayan.”, jelas Jamari Ridwan.

Selama ini, operasi dilaut terhadap para nelayan, tutur Jamari Ridwan, tidak hanya dilakukan oleh oknum petugas Polair, dan Angkatan Laut, tapi juga oknum petugas Bea Cukai. (KI/AgusPAS )



Kunjungi selalu : http://www.kabarinvestigasi.com
Sebagai pembaca setia,suka berita ini.
MOHON DIKOMENTARI!!!!!!!

No Response to "Cuaca Buruk, Nelayan Juwana Memilih Tidak Melaut"

Leave A Reply

INGIN MENDAPATKAN DOLAR?.........SAYA SUDAH BUKTIKAN!!!!!!!!!!!
Caranya?
Klik semua Iklan PTC Atau Banner di Bawah ini satu persatu, kemudian Daftar....( Gratis Bro ).....Setelah Daftar Log In.....
Setelah Log In........Klik View Ads......Kemudian Klik Link satu per satu....tunggu sebentar.......Setelah paling atas muncul tulisan ( CLICK "9" ) klik angka nomor 9 dan seterusnya.......Dolar sudah kita dapat Bro.....gampang kan?........

Untuk mencairkan Dolar yang sudah kita dapat, kita harus mempunyai rekening PAYPAL. Daftar Paypal disini