Sabtu, 17 April 2010

Aceh Besar Panenkan Produksi Ikan Air Tawar

Posted on 4/17/2010 09:38:00 PM by Kabarinvestigasi

Kabarinvestigasi-Aceh Besar.Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat, memetik hasil panen ikan air tawar, sebanyak 24 ribu atau berkisar enam ribu kg ikan segar dari 20 petak tambak di duson Paya Sukon Teureubeh Kota Jantho yang siap untuk dipasarkan.

Ikan air tawar tersebut merupakan hasil panen perdana bagi Kabupaten Aceh Besar, namun demikian daerah itu cukup memberikan bukti nyata untuk dikembangkan, mengingat potensinya sangat mendukung.

Hingga kini sebanyak 70 petak tambak yang di bangun di atas lahan seluas 4 hektar, di pastikan akhir April ini akan di taburkan benih dan sebanyak 52 petak tambak yang telah di bangun bakal di kelola oleh masyarakat setempat di bawah binaan Dinas terkait.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Besar, Ir M Adil Msi, kemarin mengatakan, sebanyak 52 petak tambak akan di kelolakan oleh masyarakat setempat yang telah mendapat pelatihan sebelumnya dengan sistem bagi hasil, dan sekita 18 petak lainnya akan di jadikan stok benih dan lahan praktek siswa oleh dinas terkait.

“Diperkirakan pada minggu keempat April ini, masyarakat sudah mulai melakukan budi daya ikan tersebut,”kata Adil.

Kata dia, ketujuh puluh petak tambak yang di bangun melalui sumber dana Otsus tahun 2009, berukuran 18 x 25 meter persegi itu, dan akan diisi dengan 1200 bibit ikan mas.

“Ditargetkan triwulan mendatang mampu memproduksi sebanyak 400 hingga 600 kilogram ikan segar pertambak,”ujar dia.

Bupati Aceh, Besar Bukhari Daud, mengatakan, wilayah yang dipimpinnya itu cukup berpotensi untuk dilakukan budidaya ikan air tawar, karena selain ketersediaan lahan gambut yang cukup luas juga kondisi sumber air sangat mendukung usaha dimaksud.

“Karena itu, Pemkab Aceh Besar akan terus berupaya memperluas kawasan ikan air tawar, sebagaimana yang telah di rencanakan sebelumnya, yaitu seluas 50 hektar lahan bakal dibuka,”katanya.

Ia berharap, kehadiran 70 petak tambak tersebut mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya bagi warga dikabupaten Aceh Besar, dan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) pun kedepan lebih meningkat lagi, harapnya.(KI/DAHLAN ZA)

No Response to "Aceh Besar Panenkan Produksi Ikan Air Tawar"

Leave A Reply

INGIN MENDAPATKAN DOLAR?.........SAYA SUDAH BUKTIKAN!!!!!!!!!!!
Caranya?
Klik semua Iklan PTC Atau Banner di Bawah ini satu persatu, kemudian Daftar....( Gratis Bro ).....Setelah Daftar Log In.....
Setelah Log In........Klik View Ads......Kemudian Klik Link satu per satu....tunggu sebentar.......Setelah paling atas muncul tulisan ( CLICK "9" ) klik angka nomor 9 dan seterusnya.......Dolar sudah kita dapat Bro.....gampang kan?........

Untuk mencairkan Dolar yang sudah kita dapat, kita harus mempunyai rekening PAYPAL. Daftar Paypal disini