Kamis, 29 April 2010

Tiga Desa Terancam Longsor di Aceh Jaya

Posted on 4/29/2010 12:14:00 AM by Kabarinvestigasi

Kabar Investigasi-Calang.Hingga kini penambangan emas yang dilakukan oleh warga dikawasan Gunong Ujeun Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya masih berjalan mulus, meskipun sistim yang dilakukan itu sangat membahayakan.Sementara, tiga desa yakni, Geuni, Alue Tho, dan Curek, diprediksikan bakal terancam tertimpa bencana longsor besar.

“Jika dilihat dari sistim penambangannya, maka dikhawatirkan akan terjadi bencana longsor yang sangat besar akibat adanya penggalian dengan kedalaman yang tidak sesuai dengan prosedur penambangan yaitu kedalamannya diatas 25 meter.Kondisi ini tidak hanya akan berdampak buruk pada para penambang tapi juga akan membahayakan tiga desa lainnya,” ungkap Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh Jaya, Syaiful Bahri, kemarin.

Kata dia, pihaknya akan berusaha mencari solusi terkait penggunaan merkuri dalam proses penambangan itu, karena unsur dimaksud juga sangat berbahaya bagi lingkungan sekitar lainnya yang berdekatan dengan lokasi penambangan emas tersebut.Intinya, guna mengantisipasi jatuhnya korban akibat eksploitasi dari masyarakat.

“Menindaklanjuti penggunaan merkuri dalam penambangan emas di gunung ujen, kami telah melakukan berbagai sosialisasi kepada masyarakat, yang bahwa penggunaan merkuri akan berdampak buruk bagi lingkungan hidup,”tukasnya.

Lanjut Syaiful, pihaknya juga telah melakukan berbagai cara terkait dengan penggunaan merkuri di lokasi penambangan emas gunung ujen, seperti penyebaran selabaran yang berisikan peringatan penggunaan merkuri dan pada tanggal 29 november 2009 dinas lingkungan hidup telah melakukan diskusi dengan masyarakat.

“Artinya, penggunaan merkuri akan menyebabkan penyakit/sindrom minamata (kelainan fungsi syaraf) seperti yang pernah dirasakan oleh masyarakat di jepang”, lanjut Syaful.

Tambah dia lagi, sejauh ini Dinas Lingkungan Hidup, telah melakukan relokasi dengan tujuan agar tidak terjadi penyebaran kerusakan lingkungan, karena dengan adanya relokasi tersebut instalasi pengolahan air limbah akan lebih mudah untuk dikontrol. Meskipin, upaya itu tidak layak untuk dilaksanakan,tutup dia.(KI/Nasri)

No Response to "Tiga Desa Terancam Longsor di Aceh Jaya"

Leave A Reply

INGIN MENDAPATKAN DOLAR?.........SAYA SUDAH BUKTIKAN!!!!!!!!!!!
Caranya?
Klik semua Iklan PTC Atau Banner di Bawah ini satu persatu, kemudian Daftar....( Gratis Bro ).....Setelah Daftar Log In.....
Setelah Log In........Klik View Ads......Kemudian Klik Link satu per satu....tunggu sebentar.......Setelah paling atas muncul tulisan ( CLICK "9" ) klik angka nomor 9 dan seterusnya.......Dolar sudah kita dapat Bro.....gampang kan?........

Untuk mencairkan Dolar yang sudah kita dapat, kita harus mempunyai rekening PAYPAL. Daftar Paypal disini