Senin, 12 April 2010

Kemenkokesra : Faktor Manusia Penyebab Timbul Bencana

Posted on 4/12/2010 05:23:00 AM by Kabarinvestigasi

Kabarinvestigasi-Banda Aceh.Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Kemenko Kesra), menyatakan, salah satu penyebab timbulnya bencana yang berimbas menelan korbanjiwa, kerusakan lingkungan, hingga kerugian harta benda, disebabkan faktor manusia.

Selain itu juga disebabkan faktor alam dan non alam, dimana hampir setiap awal maupun akhir tahun, Indonesia kerap diterpa bencana.Karena, posisi negeri ini memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis dan demokrafis yang memungkinkan terjadinya bencana tersebut.

Eksesnya, akan berdampak psikologis yang dalam terhadap keadaan tertentu dapat menghambat pembangunan nasional.

Statemen itu dikemukakan Deputi I Menko Kesra Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial, Asep Karsidi, Senin (12/4) di Banda Aceh, dalam rapat koordinasi kebijakan dan singkronisasi pelaksaan kebijakan crisis center dan pengelolaan bencana yang diikuti sejumlah Prosi lainnya di Indonesia, termasuk tuan rumah, Provinsi Aceh.

Karena itu, Ia meminta semua pihak untuk lebih mengenal dengan baik berbagai jenis dan karakter bahaya alam, dan persiapan menyambut kedatangan bencana.Pasalnya, selama ini benca alam telah banyak menimbulkan kerugian.

“Maka itu, diperlukan langkah-langkah secara konfrensif, guna mengurangani resiko bencana, mengembangkan crisis center dalam upaya memberikan informasi kepada masyarakat mengenai kejadian di Indonesia, misalnya,”pinta dia.

Diharapkan dia, dengan adanaya media crisis center masyarakat lebih meningkatkan lagi pemahaman secara maksimal, terutama bagi yang terkena bencana itu.Sehingga, ketika menghadapi musibah dalam kondisi darurat, masyarakat mampu melakukan proses pemulihan darurat secara mandiri.

Masih kata Asep, Kementrian Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Kemenko Kesra) pada tahun 2006 hingga 2008 lalu, telah mengucurkan bantuan rehabilitasi dan rekontruksi melalui dana pasca bencana sebesar 268,9 Milyar untuk Provinsi Aceh.

“Kenyataannya, pada setiap kejadian bencana, kepedulian sosial di dalam masyarakat sangat tinggi.Untuk itu, diperlukan pengelolaan program yang transpransi dan akuntabel yang melibatkan anggota masyarakat dan para pemangku kepentingan lainnya dalam mengelola bantuan, mulai dari tahap perencanaan hingga penyaluran dilapangan,”kata Asep.

Wakil Gubernur Aceh, Muhammad Nazar, menegaskan, para Kepala daerah untuk meningkat standar khusus dalam pembangunan kembali pasca gempa atau bencana, juga menerapkan aturan ketat.

“Sehingga tidak akan ada pejabat maupun kontraktor yang berani untuk berbuat nakal, dan berdalih untuk menghemat biaya pembangunan, namun kualitasnya sangat rendah. Penguatan kelembagaan pusat dan daerah juga dirasa sangat penting,”tegas Wagub Muhammad Nazar.

Menurut Nazar, pentingnya dilakukan rapat koordinasi pelaksanaan kebijakan bidang kerawanan sosial.Karena, tanggung jawab menjaga keamanan tidak hanya ada di pundak aparat keamanan, melainkan pihak pemerintah juga harus berperan aktif.

”Upaya untuk menggerakkan kekuatan yang ada di tengah masyarakat, harus pula kita optimalkan.Dan bukan hanya itu, tidak tertutup kemungkinan harus pula melibatkan lembaga lain ikut berperan mendukung program kebijakan dalam penanganan kerawanan sosial ini,”papar Nazar.

Sambung Wagub, kerawanan sosial seperti ini mungkin saja muncul secara mendadak. bisa muncul secara terorganisir, bisa pula secara sporadis. bisa berasal dari aceh dan bisa pula datang dari luar Aceh.

”Apalagi dengan kondisi perdamaian Aceh yang masih rapuh, jelas ini sebuah ancaman serius. Ancaman ini bukan hanya untuk wilayah Aceh saja, akan tetapi juga mengancam keutuhan nasional,”sambung Wagub.

Tambah dia lagi, untuk penanggulangan kerawanan sosial ini, tentu tidak cukup hanya dengan rapat-rapat koordinasi seperti ini saja.Karena, sifatnya sosial, dan tentu ada hal-hal di luar masalah keamanan yang juga harus kita selesaikan.

“Sebut saja misalnya soal kesejahteraan, lingkungan dan soal kemiskinan, Pemerintah Aceh sudah memiliki sejumlah untuk mengatasi masalah sosial ini.Disamping itu, bila terjadi keresahan pasif, maka kita harus segera bertindak untuk mengembalikannya ke keadaan normal,”tambah dia lagi.(KI/AFRIZAL)

No Response to "Kemenkokesra : Faktor Manusia Penyebab Timbul Bencana"

Leave A Reply

INGIN MENDAPATKAN DOLAR?.........SAYA SUDAH BUKTIKAN!!!!!!!!!!!
Caranya?
Klik semua Iklan PTC Atau Banner di Bawah ini satu persatu, kemudian Daftar....( Gratis Bro ).....Setelah Daftar Log In.....
Setelah Log In........Klik View Ads......Kemudian Klik Link satu per satu....tunggu sebentar.......Setelah paling atas muncul tulisan ( CLICK "9" ) klik angka nomor 9 dan seterusnya.......Dolar sudah kita dapat Bro.....gampang kan?........

Untuk mencairkan Dolar yang sudah kita dapat, kita harus mempunyai rekening PAYPAL. Daftar Paypal disini