Sabtu, 01 Mei 2010

BKSDA Bentuk Tim CRU Tanggulangi Konflik Gajah

Posted on 5/01/2010 01:20:00 AM by Kabarinvestigasi

Kabarinvestigasi-Banda Àceh.Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Aceh, saat ini sedang menjajaki pembentukan tim Unit Respon dan Konservasi (CRU) yang keanggotaannya sebanyak lima hingga 10 orang.

“Tim tersebut untuk ditempatkan diwilayah Aceh Timur, khususnya dilokasi konflik gajah dengan manusia yang terjadi beberapa waktu lalu,” ujar kepala BKSDA Aceh, Abu Bakar, Rabu (7/4).

Kata dia, pihak konservasi telah berkoordinasi dengan DPRK Aceh Timur dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, dan sejauh ini telah didatangi lokasi konflik gajah versus manusia diwilayah tersebut, tujuannya untuk melihat lahan yang tepat untuk mendirikan posko CRU.

“Pembentukan tim CRU bertujuan untuk penanggulangan cepat, apabila serangan gajah terulang kembali, maka dengan segera tim akan dapat mengatasinya tanpa ada kerugian dari pihak masyarakat,”katanya.

Abu Bakar menilai, partisipasi Pemkab melalui Dinas Kehutanan kurang dalam upaya mengusir gajah yang masuk dan menganggu pemukiman penduduk di sejumlah kabupaten wilayah belum berjalan maksimal.

“Karena itu, diharapkan adanya dukungan dari Pemerintah Kabupaten/Kota, baik dana maupun penambahan personil dilapangan, hal ini untuk kebutuhan operasi penggiringan gajah itu kembali ke habitatnya.Sebab, tanpa dukungan tersebut, kami tidak menyelesaikannya tentang konflik satwa gajah yang dilindungi itu,”papar Abu Bakar.

Menurut dia, gangguan gajah liar terhadap manusia diperkirakan akan berakhir jika hutan tempat tinggalnya tidak terganggu, oleh kegiatan pembalakan liar atau ileggal logging.Terusiknya kawanan gajah dikarenakan habitatnya diusik oleh manusia.

“Masalah gangguan gajah tidak akan selesai sebelum illegal logging dihentikan, kerusakan hutan akibat pembalakan liar dinilai menjadi salah satu penyebab konflik antara satwa dengan manusia di Aceh,”tandasnya.

Tambah dia lagi, pihaknya tidak akan mampu berbuat banyak untuk mengatasi gangguan satwa tersebut, karena tindakan hewan dimaksud merupakan reaksi atas gangguan terhadap ekosistemnya.Dan, BKSDA Aceh hanya bisa meminimalisir konflik gajah dengan manusia.

"Bagaimana mereka tidak masuk ke pemukiman jika "rumah" mereka dirusak, saat ini masyarakat melakukan illegal loging dan membangun rumah dijalur lintasan kawanan gajah, saat ini kami membutuhkan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten, beserta masyarakat sekitar,” tambahnya.(KI/Dedi)

No Response to "BKSDA Bentuk Tim CRU Tanggulangi Konflik Gajah"

Leave A Reply

INGIN MENDAPATKAN DOLAR?.........SAYA SUDAH BUKTIKAN!!!!!!!!!!!
Caranya?
Klik semua Iklan PTC Atau Banner di Bawah ini satu persatu, kemudian Daftar....( Gratis Bro ).....Setelah Daftar Log In.....
Setelah Log In........Klik View Ads......Kemudian Klik Link satu per satu....tunggu sebentar.......Setelah paling atas muncul tulisan ( CLICK "9" ) klik angka nomor 9 dan seterusnya.......Dolar sudah kita dapat Bro.....gampang kan?........

Untuk mencairkan Dolar yang sudah kita dapat, kita harus mempunyai rekening PAYPAL. Daftar Paypal disini